3 TEKNIK SUPER UNTUK MEMOTRET MODEL DENGAN MENGGUNAKAN LENSA KIT

Lensa Camera adalah salah satu hal yang terpenting untuk diperhatikan dalam peralatan camera yang anda miliki. Karena lensa kamera yang bagus akan memberikan hasil akhir yang baik dalam setiap pemotretan dan juga dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Lensa Kit pada camera terdiri dari kaamera secara keseluruhan /utuh, Misalnya lensa kamera, serta beragam asesoris tambahan yang biasanya digunaakanan oleh seorang fotografer ,seperti kamera diital sigle lens reflex. jadi, bisa dikatakan bahwa lensa kit adalah lensa awal yang telah ada pada kamera. dengan artian lensa kit ialah lensa bawaan dari kamera yang kita beli, tinggal kita mengunakannya.


1. Manfaatkan Fokus Jarak Pandang Anda.
Kebanyakan lensa kit digunakan ketika mengambl gambar dengan luas jarak pandang pada posisi 18-55mm, dengan harapan latar belakang pemotretan tidak menjadi kabur (Blur), hal ini bisa erjado kecuali anda mengerti bahwa aperture (ukuran seberapa besar lensa kamera anda terbuka saat mengambil gambar ) yang lebar bukanlah satu-satunya faktor penentu juga dalam menciptakan efek latar belakang menjadi blur.

Salah satu faktor penentu juga dala menciptaakan jarak anatara subjeck dan latar belakang blur yang menarik adalah dengan memperhatikan jarak antara subeck dan latar belakang anda. semakin jauh posisi subjeck anda dari latar belakang yang hendak anda foto, maka semakin bagus anda menciptakan latar belakang blur yang nampak  bagus dengan menggunkan lensa Kit  pada kamera anda, maka anda perlu mengatur atau mempatkan Posisi subjeck adna barada jauh dari latar belakang yang hendak anda gunakan dalam pemotretan .


2. Jadilah Kretaif

jika anda tidak bisa menempatka posisi subjeck andaa berada jauh dari latar belakang/ bacgraund
anda tidak cocok/ tidak sesuai dengan foto yang hendak anda ambil, maka kita perlu mempertimbangkan hal inii, yaitu menngubah caara pandang anda sendiri. misalnya, biarkan subjeck anda duduk atau pun sebaliknya dengan posisi anda berdiri. Potretan subjeck ari posisi atas saat adna berdiri.

hasill yang bagus, sebenarnya datang dari diri kita sendiri. Ketika kita berusaha dn terus menghasilkan yang bagus, dan terus  kembangkan dengan kemampuan yang kita miliki dan terus berlatih. itulah sebabnya sang fotografer yang kreatif tidak akan kehabisanide dalam memotret.

3. Pengaturan ISO

 ISO adalah ukuran kepekaan sensor digitar terhadap cahaya. Pengaturan ISO pada skala yang tinggi (400, 800. dan 1600), memberikan kesempatan untuk menggunkan pencahayaan dalam wakktu yang rendah, Jika pengaturan ISO anda cukup tinggi, maka anda menggunkan Ambient ligth (cahaya yang digunakan dan tersedia di lokasi pemotretan), gantinya Flashlight saat melakukan pemotrertan.

Anda dapat menguji kemampuan kamera anda pada skala pengaturan ISO yang tinggi denaan mengambil beberapa gambar yang sama denga ISO yang berbeda. Misalnya, 400,800 atau, lalu cobalah untuk membangkan hasil dari foto-foto yang anda peroleh satu dengan yang lain.

Banyak orang yang sering bergerak dalam pengambilan gambar, belum lagi ditambah dengan membuka tutup mata meraka (berkedip-kedip) dan terus menerus mengubah ekspresi wajah mereka dan tidak ada foto yang lebih buruk dari foto seseorang dengan  mata yang sedang berkedip-kedip gantinya tersenyum.

Untuk menghindari masalah itu, kita perlu mengatur Shutter Speed pada posisi yang cepat. Hal ini juga akan membantu untuk memastikan ketajaman dari foto yang dihasilkan, serta menghindari gangguan yang dapat terjadi pada kamera anda seperti getaran atau goyangpada saat pemotretan. Untuk beberapa kasus, dala jumlah cahaya yang rendah (Di dalam ruanga maupun di luar), Maka anda perlu meningkatkan ISO anda ke 1600,3200,3.200 atau bahkan sampai 6.400, untuk menghindari hasil yang kurang bagus.

Kesimpulan.
Searang kita tahu bahwa memotret model dengan lensa kit bukanlah tidak mungkin untuk memperoleh hasil yang baik, Jika digunakan dengan tepat dan benar.

"Akhir kata, teruslah mencoba dan jaangan mudah menyerah, karena hasil akhir tidak akan pernah menghianati kerja anda."

Saya Mohammad Nuris
(Mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mulianya para Penghafal Al-Qur'an Panglima Panji Islam

Sejarah Pusat Penyebaran Islam di Barat Bali

Kisah Kyai dan Sopirnya, Meneladi Dua Wali Besar KH. Arwani Amin Kudus dan KH. Abdul Hamid Pasuruan)