TEKNIK DAN TIPS CARA FOTO SILUET DI SUNSET YANG KEREN

Bagaimana caranya kita mendapatkan objeckatau hasil objeck  siluet seperti pada gambar di atas..?
baik secara deteilnya saya akan menjelaskan langkah pemotretan terlebih dahulu, kita kenali yang namanya pengambilan objek gambar atau angle..!

1. Angle merupakan sudut pangdang atau teknik pengambilan gambar / objeck, sehigga akan menghasilkan gambar yang perface pada gambar.

2. Perhatikan fostor shape dan bentuk dari objeck yang akan kita foto.
fostur sangat berpengaruh terdahap kualitas gambar, menarik tidaknya gambar tergantung kita yang akan mengambil gambar tersebut. dalam foto siluet sangatlah penting karena yang akan kita tonjolkan dari foto siluet ialah bentuk dan lekukan tubuh sang model, cobalah memberikan arah kepada model agar kita dapat melihat dari sisi mana model akan sangat terlihat lekukan tubuhnya sang model agar hasil yang akan kita dapatkan sesuai dengan postur sang model, contoh pada gambar di atas sangatlah jelas fostur dari sang model.

3. Jangan ada siluet yang bertabrakan.
Dalam mendapatkan siluet yang sempurna, anda harus memperhatikan siluet lainnya yang di hasilkan oleh bacgraoud/latar belakang dan foregroaund yang ada disekeliling objeck. Anda harus berusaha agar semua tidak saling berbenturan. Jika objeck saling bertabrakan atau overlap, maka siluet akan gagal, karena bentuknya kurang maksimal, contoh gambar atau foto siluet pada gambar di bawah ini, yang menunjukan dua objeck siluet saling bertabrakan dengan pandang dan banyangannya  horizontal yang juga dalam bayangannya, akhirnya garis tubuh mereka kurang jelas.
   
sang fotografer sudah tau kesalahannya, sehingga untuk foto selanjutkan dapat menghasilkan foto siluet yang jauh lebih bagus. Dengan cara pengambilan angle yang lebih rendah, dia dapat menghilangkan backgraund-bakgraund yang mengganggu untuk mendapatkan siluet di sunset yang lebih maksimal.


Satu contoh lagi dimana sang fotografet dapat menempatkan objeck tepat pada angle tanpa harus meng-overlap backgraund yang menggangu. Malahan hasilnya dibuat "FRAMING" yang sangat bagus.


4. Perhatikan EXPOSURE.
 Untuk Mendapatkan siluet yang sempurna, Tentunya kita harus mencapai Exposure yang sempurna. Mode yang paling bagus untuk ita gunakan pada situasi 'backlik' seperti inilah posisi M atau mode Manual . pada posisi auto, biasanya camera rentan salah dalam menentukan Exposure yang tepat di tentukan oleh cahaya yang sangat terang dari matahari dan juga cahaya gelap dari banyangan objeck.
Untuk memahami cara metode manual mode pada camera anda,  tidak punya banyak waktu untuk mengukur cara pada manual mode, kalian juga bisa menggunakan pengukuran auto yang tertera pasa ISO. seperti hasil foto yang ada di Bawah ini ...!


5. Ber- Expremenlah dengan Lensa yang berbeda.
 Dengan Lensa yang berbeda, kita dapat menciptakan karya/hasil foto yanng berbeda dan unik satu sama lainnya, Foto berikut telah di bidik dengan lensa 70-200mm. Dengan mengunakan lensa tele, dan mengabil gambar dari jarak yang cukup jauh, sekitar 30 Meter dari objeck, persektif hasilnya akan berbeda dengan pandanga mata biasanya, Jika matahari yang akan terlihat lebih besar. jika ingin mendapatkan objeck lebih besar, maka mengunakan lensa tele+telecoverter yang sering digunakan oleh  fotografer wildlife atau fotografer pertandingan sepak bola.      
foto berikut mengunakan lensa 16-35 di 35mm, disini kebanyakan fotografer menggukan lensa tersebut dengan cara pengambilan gambar yang simple dengan menyembunyikan matahari di belakang objeck , maka yang tersisa hanya siluet dari pasangan Gradasi langit yang begitu indah.


6. Diafragma Dramatis.
Satu Lagi teknik untuk menambah wawasan kita, yang bisa kita manfaatkan untuk menambah kreatifitas  untuk mengcapture sebuah foto sunset. Dengan menggunakan diafragma  yang sempit, Yaitu, f16-f22, maka kita akan mencapai efeck yang biasa di sebeut ''Star bust effec".
untuk mendapatkan hasil yang seperti ini, matahari atau sunber cahaya tidak tidak terselubugi oleh awan.

Berhati-hatilah jangan sampai camera kita melihat ke matahari, walaupun camera kita dalam waktu panjang karena itu dapat merusak penglihat pada mata kita. 

Tips : Gunakanlah "Live wiew" mode di camera anda untuk melihat objeck, sehingga kita dapat mengatur komposisi fokus sesuai yang kita inginkan, dan juga agar mata kita dapat terlindungi.

Mungkin sampai disini dulu tutorial kita dalam fotografer, terus ikuti langkah tutorial saya selanjutnya ya........ !!!!
jangan lupa follow Instagramku. 

IG : Nuris09
facebook : Mohammad Nuris.

"Jangan pernah berhenti belajar, meskipun kita sudah mencapai keberhasilan, karena keberhasilan bukanlah Awal dari segala kesuksesan."

Saya Mohammad Nuris (Mahasiswa Fakultas Teknik Informatika, Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mulianya para Penghafal Al-Qur'an Panglima Panji Islam

Sejarah Pusat Penyebaran Islam di Barat Bali

Kisah Kyai dan Sopirnya, Meneladi Dua Wali Besar KH. Arwani Amin Kudus dan KH. Abdul Hamid Pasuruan)